dc.description.abstract | Skripsi ini menganakat judul “ Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan
konsumen produk simcard IM3 “ ( Studi Kasus Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas
Islam Indonesia ). Secara garis besar membahas mengenai pengaruh secara partial dan secara
simultan brand image, kualitas, layanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen serta
membahas variable manakah yang paling mempengaruhi.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Islam
Indonesia jurusan manajemen, dan dalam pengambilan sampelnya penelitian ini menggunakan
random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden, tehnik pengumpulan datanya
adalah dengan kuisioner. Variable independen dalam penelitian ini adalah brand image ( X1 ),
kualitas ( X2 ), kualitas ( X3 ), dan harga ( X4 ), sedangkan variable dependennya adalah
kepuasan konsumen ( Y ).
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi berganda dan
pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji T, koefisien determinasi, dan koefisien korelasi
parsial.
Dari hasil uji Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 19,455 dan probabilitas (Sig-F) sebesar
0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
secara bersama-sama atribut produk yang terdiri dari kualitas, brand image, pelayanan, dan
harga terhadap Kepuasan pada produk simcard IM3.
Sedangkan koefisien korelasi berganda (R) menunjukkan keeratan hubungan antara
variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil koefisien korelasi berganda seperti pada Tabel
4.10 di atas sebesar 0,679. Nilai ini cenderung mendekati angka 1 sehingga dapat diartikan
bahwa terdapat hubungan yang kuat antara atribut produk, kualitas ( X1 ), brand image ( X2 ),
pelayanan ( X3 ), dan harga ( X4 ) dengan kepuasan
Variable independen kualitas, brand image, pelayanan, harga memliki pengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen produk simcard IM3, dan variable harga yang paling
mempengaruhi kepuasan konsumen. | en_US |