Pengaruh Kreatifitas Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli (Studi Komparasi Kreatifitas dan Kredibilitas Endorser Antara Artis dan non Artis Iklan Provider XL Terhadap Minat Beli Konsumen di Kecamatan Condong Catur Yogyakarta)
Abstract
Muhamad Simon. 05331035. Pengaruh Kreatifitas Iklan Dan Kredibilitas Endorser
Terhadap Minat Beli (Studi Komparasi Kreatifitas dan Kredibilitas Endorser
Antara Artis dan non Artis Iklan Provider XL Terhadap Minat Beli Konsumen di
Kecamatan Condong Catur Yogyakarta). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu
Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam
Indonesia. 2012.
Iklan merupakan salah satu alat bauran promosi yang digunakan sebagai alat
pengantar pesan untuk membentuk sikap konsumen. Iklan bisa digunakan untuk
membentuk citra jangka panjang sebuah produk dan juga untuk menggerakkan penjualan
cepat. Penggunaan celebrity endorser merupakan salah satu cara dalam beriklan.
Kreatifitas iklan dapat dikatakan merupakan komponen yang sangat penting dari iklan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kreatifitas iklan
terhadap minat beli konsumen pada produk XL di Kecamatan Condong Catur
Yogyakarta., 2) Untuk mengetahui pengaruh kredibilitas endorser terhadap minat beli
konsumen pada produk XL di Kecamatan Condong Catur Yogyakarta., 3) Untuk
mengetahui perbedaan antara kreatifitas dan kredibilitas iklan antara artis dan non artis
dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Metode yang digunakan yaitu eksplanasi
survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan membedakan pengaruh dengan
pendekatan kuantitatif. Dimana pada penelitian kuantitatif ini sumber datanya diperoleh
dari kuesioner yaitu pengumpulan data dengan menyebar daftar pertanyaan kepada
responden, dengan harapan mereka akan memberikan respon atas daftar pertanyaan
tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa kreativitas iklan memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen di wilayah Condong Catur
Yogyakarta. Dan Kredibilitas endorser artis memiliki pengaruh yang postif dan signifikan
terhadap Minat Beli Konsumen di wilayah Condong Catur Yogyakarta. Hasil penelitian
ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pengaruh kreativitas iklan dan
kredibilitas endorser antara artis dan non artis terhadap minat beli konsumen pada produk
XL, Hal ini berarti penggunaan artis lebih efektif dalam meningkatkan minat beli
konsumen dibandingkan iklan yang menggunakan non artis.
Kata Kunci :
iklan, endorser, kreativitas, kredibilitas, XL.
Collections
- Communication [945]