dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi
TQM (Total Quality Manajemen) yang terdiri dari variabel Kepemimpinan
manajemen, Fokus pada pelanggan, Informasi dan analisis, Manajemen proses dan
Perbaikan berkesinambungan. Berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis 9
UMKM Sentra Pengolahan Patin XIII Koto Mesjid baik secara simultan maupun
parsial. Kemudian dapat mengetahui variabel mana yang lebih dominan dan
memmiliki pengaruh besar terhadap kinerja bisnis 9 UMKM Sentra Pengolahan
Patin XIII Koto Mesjid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan
sampel berdasarkan keseluruhan jumlah populasi dengan jumlah populasi
sebanyak 85 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket kuesioner
disebar kepada responden kemudian data yang diperoleh diolah dan dilakukan
analisis menggunakan teknik regresi linear berganda menggunakan program SPSS
versi 25 untuk mendapatkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menemukan bahwa variabel Kepemimpinan manajemen,
Fokus pada pelanggan, Infromasi dan anlisis, dan Perbaikan berkesinambungan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja bisnis UMKM pada Sentra
Pengolahan Patin XIII Koto Mesjid. Variabel Manajemen proses berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja bisnis UMKM pada Sentra
Pengolahan Patin XIII Koto Mesjid. Dari hasil tersebut pemilik UMKM tetap harus
memperhatikan dan meningkatkan perhatian terhadap butir pernyataan kuesioner
yang masih lemah guna untuk meningkatkan Kinerja bisnis UMKM pada Sentra
Pengolahan Patin XIII Koto Mesjid sehingga tujuan organisasi dapat tercapai
dengan efektif dan efesien. | en_US |