Pengaruh Proses Carburizing Dengan Variasi Holding Time Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik Dari Bearing Non-Pabrikan Resmi Sepeda Motor
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh variasi holding time (lama
penahanan) proses carburizing terhadap sifat fisik dan mekanik dari bearing nonpabrikan
resmi.
Penelitian
ini
menggunakan
metode
pack
carburizing
(karburasi
padat). Proses carburizing menggunakan serbuk arang kayu akasia dicampur
dengan barium karbonat (BaCO3). Proses carburizing ini menggunakan suhu
pemanasan 900°C, dengan variasi holding time (lama penahanan) 2 jam, 3 jam, dan
4 jam. Kemudian proses quenching menggunakan media pendinginan air. Dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lamanya holding time (lama penahanan)
dapat mempengaruhi sifat fisik dan mekanik dari bearing tersebut. Untuk keausan
rata-rata bearing pabrikan resmi sebesar 0,000156 mm
/kg.m, dan non-pabrikan
resmi (raw material) sebesar 0,000202 mm
3
/kg.m. Kemudian hasil setelah proses
carburizing, variasi holding time 4 jam memiliki nilai keausan rata-rata yang
terbaik, yaitu sebesar 0,000014 mm
3
/kg.m. Untuk kekerasan rata-rata dari bearing
pabrikan resmi sebesar 748,55 VHN, dan non-pabrikan resmi (raw material)
sebesar 709,48 VHN. Untuk bearing proses carburizing, nilai kekerasan rata-rata
paling tinggi adalah variasi holding time 4 jam, yaitu sebesar 1662,76 VHN. Pada
pengujian korosi, bearing proses carburizing mendapatkan hasil excellent (sangat
baik). Bearing proses carburizing dengan variasi holding time memiliki struktur
mikro bagian tepi yaitu pearlite dan martensite, serta retained austenite (austenit
sisa). Pada bagian tengah memiliki struktur ferrite dan pearlite.
Collections
- Mechanical Engineering [560]