Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual (Modul Pendamping Pembelajaran Online) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdit Luqman Al Hakim Yogyakarta Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu penghubung informasi dalam
kegiatan belajar. Media yang digunakan di waktu dan kondisi yang tepat dapat
memperlancar proses belajar bahkan mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Motivasi belajar dikatakan sebagai daya penggerak dari dalam dan luar diri siswa
yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga arah dan tujuan belajar dapat
tercapai . Maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui besarnya tingkat
pengaruh penggunaan media pembelajaran (modul pendamping pembelajaran
online) terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SDIT Luqman AL Hakim
Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif yang menggunakan analisis data berupa regresi sederhana dengan
tujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh antara variabel (X) dan variabel (Y).
Penelitian ini memakai metode kontrol (konvesional). Objek dari penelitian ini
yaitu media pembelajaran (modul pendamping pembelajaran online) (X) dan
motivasi belajar siswa (Y). selain itu penelitian ini menggunakan sampel acak atau
simple random sampling sebanyak 60 siswa kelas 3 SDIT Luqman Al Hakim
Yogyakatya Tahun Ajaran 2020/2021.
Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil
kesimpulan bahwa hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu
diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,302 yang mengandung
pengertian bahwa besarnya tingkat pengaruh media belajar (modul pendamping
online (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sebesar 30,2% dan 69,8%
dipengaruhi faktor lain. Maka Ha diterima dan Ho ditolak bahwa terdapat
pengaruh penggunaan media pembelajaran modul terhadap motivasi belajar siswa
kelas 3 SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar
30,2%
Collections
- Islamic Education [864]