Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan SZ., M.Si
dc.contributor.authorLUDFI GUNAR ASTA JATI
dc.date.accessioned2022-02-22T05:59:35Z
dc.date.available2022-02-22T05:59:35Z
dc.date.issued2021-09-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36226
dc.description.abstractMedia pembelajaran merupakan salah satu penghubung informasi dalam kegiatan belajar. Media yang digunakan di waktu dan kondisi yang tepat dapat memperlancar proses belajar bahkan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar dikatakan sebagai daya penggerak dari dalam dan luar diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga arah dan tujuan belajar dapat tercapai . Maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui besarnya tingkat pengaruh penggunaan media pembelajaran (modul pendamping pembelajaran online) terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SDIT Luqman AL Hakim Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis data berupa regresi sederhana dengan tujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh antara variabel (X) dan variabel (Y). Penelitian ini memakai metode kontrol (konvesional). Objek dari penelitian ini yaitu media pembelajaran (modul pendamping pembelajaran online) (X) dan motivasi belajar siswa (Y). selain itu penelitian ini menggunakan sampel acak atau simple random sampling sebanyak 60 siswa kelas 3 SDIT Luqman Al Hakim Yogyakatya Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,302 yang mengandung pengertian bahwa besarnya tingkat pengaruh media belajar (modul pendamping online (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sebesar 30,2% dan 69,8% dipengaruhi faktor lain. Maka Ha diterima dan Ho ditolak bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran modul terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar 30,2%en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectModulen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual (Modul Pendamping Pembelajaran Online) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdit Luqman Al Hakim Yogyakarta Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun Ajaran 2020/2021en_US
dc.Identifier.NIM17422105


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record