Persepsi Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al Qur’an Di Smk Islam Nurul Iman Lampung Timur
Abstract
Pada masa pandemi covid 19 ini sistem pembelajaran beralih yang
awalnya luring menjadi daring dengan memanfaatkan teknologi, namun
pelaksanaan pembelajaran daring tidak semudah yang diharapkan. Ada berbagai
kendala yang dihadapi siswa selama pembelajaran daring, penelitian ini bertujuan
untuk 1. Mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap metode pembelajaran
daring pada mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an siswa kelas XII SMK Islam
Nurul Iman Lampung Timur. 2. Mengetahui bagaimana pengetahuan siswa
mengenai metode pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini
berupa persepsi siswa terhadap metode pembelajaran daring. Teknik yang
digunakan dalam menentukan informan penelitian adalah Purposive Sampling,
metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan
kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepi siswa terhadap metode
pembelajaran daring pada mata pelajaran baca tulis al qur’an yang tercantum
dalam angket persepsi tergolong kategori baik terlihat dari respon siswa rata-rata
jawaban adalah “IYA”, Meskipun kesan yang mereka berikan terhadap
pembelajaran yang dilakukan secara daring itu membosankan serta hasil
wawancara yang menunjukkan bahwa masih terdapat kendala yang dihadapi siswa
maupun guru seperti terkendalanya internet, pemahaman materi dan proses
kegiatan pembelajaran mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an.
Collections
- Islamic Education [864]