Hubungan Etika Dan Integritas Peserta Didik Dalam Belajar Kimia Di Sma Angkasa Adisutjipto Dan Sma Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika dan integritas peserta didik dalam
belajar di SMA Adisutjipto dan SMA MBS Yogyakarta serta hubungan antara
kedua variabel tersebut. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berasal
dari dua SMA di Yogyakarta meliputi: SMA Angkasa Adisutjipto yang berjumlah
246 peserta didik dan SMA MBS Yogyakarta yang berjumlah 200 peserta didik.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu
sebanyak 46 peserta didik SMA Adisutjipto dan 42 peserta didik SMA MBS
Yogyakarta. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
non tes dengan bentuk instrumen berupa angket. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis korelasi Non-Parametric Spearman untuk
data dari SMA Angkasa Adisutjipto dan analisis korelasi parametric yaitu
pearson product moment untuk data dari SMA MBS Yogyakarta. Hasil penelitian
menunjukkan etika dan integritas peserta didik dalam belajar di SMA Adisutjipto
mendapatkan kriteria baik dan sangat baik, sedangkan SMA MBS Yogyakarta
mendapatkan kriteria baik dan sangat baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan
terdapat hubungan yang signifikan antara etika dan integritas peserta didik dalam
belajar kimia di SMA Adisutjipto dan SMA MBS Yogyakarta dengan nilai
signifikansi 0,00 dan 0,00 serta hubungan kekuatan korelasi kuat.
Collections
- Chemistry Education [324]