Show simple item record

dc.contributor.advisorAhcmad Sobirin, Drs., M.B.A., Ph.D., Ak
dc.contributor.authorRIZKIKA UMITA MUSDALIFAH
dc.date.accessioned2022-01-26T04:22:20Z
dc.date.available2022-01-26T04:22:20Z
dc.date.issued2021-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36027
dc.description.abstractPada Penelitian ini penulis membahas tentang makna kerja bagi guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui makna kerja bagi guru. Menjadi seorang guru itu tidaklah mudah karena guru merupakan sebuah profesi yang memerlukan keahlian khusus dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Tidak semua orang yang berijazah bisa atau mampu menjadi seorang guru. Pengertian guru tidak sebatas mengajar, membimbing tapi juga memberikan contoh dan suri tauladan yang baik kepada siswa yang diajarkan. Pada umumnya tugas guru adalah mengajar di dalam kelas. Padahal menjadi seorang guru bukanlah sebatas mengajar di kelas atau di ruangan saja. Di SMA Negeri 1 Prafi, seorang guru memiliki banyak tugas, baik yang terikat aturan sekolah maupun di luar ikatan aturan sekolah. Sebab mengajar di Papua berbeda dengan di daerah lainnya seperti di Jawa, Sumatera dan beberapa provinsi maju lainnya di Indonesia. Hal ini bisa diartikan sebagai bentuk pengabdian dalam belajar mengajar. Di tengah-tengah kekurangan dalam sarana dan prasarana, guru tetap mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing dan memberikan fasilitas belajar bagi para peserta didiknya untuk mencapai tujuan. Selain itu guru juga mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa dalam belajar. Maka berbagai cara dilakukan oleh para guru di sekolah ini agar siswa bisa mengikuti perkembangan materi yang telah diajarkan. Untuk itu dilakukannya penelitian mengenai makna kerja bagi guru untuk mengetahui apa yang membuat guru mencintai profesinya sebagai guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang ada dalam penelitian ini adalah Para Guru di SMA Negeri 1 Prafi Manokwari Papua Barat. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data. Metode pengujian data menggunakan triangulasi dan member check. Metode analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectKerja dan Makna Kerjaen_US
dc.titleMakna Kerja Guru Di Sma Negeri 1 Prafien_US
dc.Identifier.NIM14311400


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record