Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dan Pengaruhnya Terhadap Niat Bertransaksi Di Sistem E-Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai
faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan pengaruhnya terhadap
niat bertransaksi di sistem e-commerce.
Subyek penelitian ini adalah 150 konsumen pengguna internet di
seluruh Indonesia. Ini adalah penelitian menggunakan metode survei
dengan instrument kuesioner. Penelitian ini mengidentifikasi sejauh mana
kepercayaan (trust) pelanggan e-commerce dalam melakukan transaksi
online dan bagaimana kaitannya dengan niat bertransaksi pelanggan di
sistem e-commerce.
Dalam penelitian ini terdapat 11 hipotesis yang diujikan
menggunakan software SMARTPLS. Dan dari hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: kepercayaan konsumen di sistem e-commere
dipengaruhi oleh structural assurance dan , perceived usefulness, serta
besar kecilnya resiko mempengaruhi kepercayaan dan niat bertransaksi
konsumen di sistem e-commerce.
Kata Kunci: Kepercayaan (Trust), Intention to Transact, E-Commerce
Collections
- Akuntansi [4399]