Pengaruh Pemasaram Media Sosial, Kesadaran Merek, Electronic Word Of Mouth, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eboni Watch
Abstract
Berkembangnya dunia digital menyebabkan terjadinya perubahan dalam aktifitas
bisnis. Perubahan yang terjadi yaitu berpindahnya perilaku konsumen dalam
mengonsumsi atau mendapatkan suatu barang secara offline menjadi online. Adanya
peran teknologi memberikan persaingan yang ketat antar produsen dalam menjangkau
konsumen yang lebih luas dengan memanfaatkan berbagai media digital seperti
Instagram, WhatsApps, Website dsb. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
pengaruh pemasaran media sosial, kesadaran merek, electronic word of mouth, dan
pelayanan terhadap keputusan pembelian pada eboni watch. Peneliti melakukan
penelitian di Klaten Jawa Tengah dengan periode waktu 1 Juni 2021 sampai dengan 13
Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan
data primer berupa pertanyaan/pernyataan yang diberikan langsung ke konsumen eboni
watch. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan SPSS versi
24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji F pemasaran media sosial,
kesadaran merek, electronic word of mouth, dan pelayanan secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 49,064 dan
signifikansi 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar
0,020, variabel kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,001, dan variabel pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000.
Sedangkan variabel electronic word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0,663 hal ini juga didukung oleh nilai mean
indikator kuantitas yang rendah dapat diartikan bahwa jumlah review atau komentar
tidak dapat mewakili popularitas suatu produk dalam pengambilan keputusan.
Collections
- Islamic Economics [826]