Analisis Pendidikan Montessori Terhadap Perkembangan Minat Dan Bakat Anak Usia Dini Di Budi Mulia Dua Islamic Montessori Kindergarten
Abstract
Montessori adalah suatu pembelajaran yang menjadikan anak didiknya sebagai
pusat pembelajaran atau biasa dikenal dengan “child center”. Pembelajaran ini
berupaya untuk membantu anak didik mengenal kemampuan diri dan mengembangkan
kecerdasan kemampuan yang disukai oleh anak dengan beberapa aspek penilaian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan efektifitas pendidikan Montessori.
(2) Menganalisis peran Montessori dalam mengoptimalkan tolak ukur perkembangan
anak. (3) Mendeskripsikan implementasi Agama Islam dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif
kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan
informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru pendamping dan guru kurikulum.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji
keabsahan dalam penelitian ini meliputi uji credibility, transferability, dependability
dan confirmability dan dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Anak memiliki kemampuan menyerap
informasi dengan cepat dan mudah. Masa ini dikenal dalam Montessori sebagai masa
Absorbment Mind, yang mana pada masa ini anak tertarik dan senang mengeksplorasi
untuk mencari informasi pengetahuan sebagai upaya pengembangan diri dan
membangun kemandirian anak. (2) Penerapan aspek-aspek Montessori merupakan
pembelajaran yang efektif dengan beberapa upaya pendidik yang berusaha
mendampingi kegiatan belajar anak. Pembelajaran yang diterapkan berdasarkan teori
ground rules dengan pengembangan aspek Montessori yang terdiri dari aspek kognitif,
gross motorskill, art and craft dan science. (3) Pembelajaran Montessori yang diiringi
dengan nilai-nilai keIslaman menjadi salah satu keunggulan bagi anak dalam proses
pembelajaran dan pengembangan diri.
Collections
- Islamic Education [862]