Show simple item record

dc.contributor.advisorSiska Sulistyorini, S.Pd.I., M.S.I
dc.contributor.authorAwanda Amelia Sadita
dc.date.accessioned2022-01-19T03:39:15Z
dc.date.available2022-01-19T03:39:15Z
dc.date.issued2021-08-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35870
dc.description.abstractMontessori adalah suatu pembelajaran yang menjadikan anak didiknya sebagai pusat pembelajaran atau biasa dikenal dengan “child center”. Pembelajaran ini berupaya untuk membantu anak didik mengenal kemampuan diri dan mengembangkan kecerdasan kemampuan yang disukai oleh anak dengan beberapa aspek penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan efektifitas pendidikan Montessori. (2) Menganalisis peran Montessori dalam mengoptimalkan tolak ukur perkembangan anak. (3) Mendeskripsikan implementasi Agama Islam dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru pendamping dan guru kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini meliputi uji credibility, transferability, dependability dan confirmability dan dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Anak memiliki kemampuan menyerap informasi dengan cepat dan mudah. Masa ini dikenal dalam Montessori sebagai masa Absorbment Mind, yang mana pada masa ini anak tertarik dan senang mengeksplorasi untuk mencari informasi pengetahuan sebagai upaya pengembangan diri dan membangun kemandirian anak. (2) Penerapan aspek-aspek Montessori merupakan pembelajaran yang efektif dengan beberapa upaya pendidik yang berusaha mendampingi kegiatan belajar anak. Pembelajaran yang diterapkan berdasarkan teori ground rules dengan pengembangan aspek Montessori yang terdiri dari aspek kognitif, gross motorskill, art and craft dan science. (3) Pembelajaran Montessori yang diiringi dengan nilai-nilai keIslaman menjadi salah satu keunggulan bagi anak dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMontessorien_US
dc.subjectMinat dan Bakaten_US
dc.subjectAnak Usia dinien_US
dc.titleAnalisis Pendidikan Montessori Terhadap Perkembangan Minat Dan Bakat Anak Usia Dini Di Budi Mulia Dua Islamic Montessori Kindergartenen_US
dc.Identifier.NIM17422186


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record