Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Game Edukasi Wordwall Pada Siswa Kelas 8 Di Smp N 3 Tasikmadu
Abstract
Di masa pandemi Covid 19 yang menjangkit seluruh dunia, tak terkecuali
Indonesia ini membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan lockdown dan
physical quarantine. Jika kondisi ini terus terjadi dalam waktu lama, dapat
menurunkan kondisi fisik dan mental siswa sehingga berbuntut pada menurunnya
prestasi belajar siswa. Kondisi seperti ini menuntut guru dan siswa untuk belajar
menggunakan media dan pembelajaran online , seperti : Whatsapp group, Zoom,
Classroom, dll. Dari hasil pengamatan peneliti sebelum melakukan penelitian
dihasilkan bahwa kebanyakan siswa sudah mulai bosan dengan metode dan media
pembelajaran yang ada, untuk itu peneliti membuat penelitian ini sebagai upaya
meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan media game edukasi baru bernama
Wordwall .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas 8A, guru, kepala sekolah SMP N 3 Tasikmadu. Objek
penelitian ini berupa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi data. Analisis data
menggunakan beberapa langkah, yakni : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh peneliti
adalah mendiskusikan masalah pembelajaran selama pandemi dengan guru PAI dan
beberapa narasumber, memberikan solusi kepada guru dengan menggunakan
Wordwall, berdiskusi dengan guru PAI tentang konsep dan soal yang akan dibuat
pada Wordwall tersebut, membagikan link wordwall yang telah dibuat dan cara
memainkannya berupa teks kepada wali kelas 8A, wali kelas membagikan melalui
grup WA kelas, siswa mengerjakan soal pada siklus I, mewawancari siswa yang hasil
pengerjaannya kurang baik tentang kendalanya saat mengerjakan soal tersebut,
mendiskusikan dengan guru PAI tentang solusi atas kendala siswa saat mengerjakan
soal tersebut, membuat tutorial pengerjaan menggunakan rekaman layar hp, siswa
mengerjakan ulang soal pada siklus II. Juga menunjukkan bahwa Game edukasi
Wordwall mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
Collections
- Islamic Education [862]