Show simple item record

dc.contributor.advisor17422089
dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah, S.Pd.I, M.Pd.I
dc.contributor.authorAHMAD FAJAR ABROR
dc.date.accessioned2022-01-19T03:30:13Z
dc.date.available2022-01-19T03:30:13Z
dc.date.issued2021-08-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35867
dc.description.abstractDi masa pandemi Covid 19 yang menjangkit seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia ini membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan lockdown dan physical quarantine. Jika kondisi ini terus terjadi dalam waktu lama, dapat menurunkan kondisi fisik dan mental siswa sehingga berbuntut pada menurunnya prestasi belajar siswa. Kondisi seperti ini menuntut guru dan siswa untuk belajar menggunakan media dan pembelajaran online , seperti : Whatsapp group, Zoom, Classroom, dll. Dari hasil pengamatan peneliti sebelum melakukan penelitian dihasilkan bahwa kebanyakan siswa sudah mulai bosan dengan metode dan media pembelajaran yang ada, untuk itu peneliti membuat penelitian ini sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan media game edukasi baru bernama Wordwall . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 8A, guru, kepala sekolah SMP N 3 Tasikmadu. Objek penelitian ini berupa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi data. Analisis data menggunakan beberapa langkah, yakni : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah mendiskusikan masalah pembelajaran selama pandemi dengan guru PAI dan beberapa narasumber, memberikan solusi kepada guru dengan menggunakan Wordwall, berdiskusi dengan guru PAI tentang konsep dan soal yang akan dibuat pada Wordwall tersebut, membagikan link wordwall yang telah dibuat dan cara memainkannya berupa teks kepada wali kelas 8A, wali kelas membagikan melalui grup WA kelas, siswa mengerjakan soal pada siklus I, mewawancari siswa yang hasil pengerjaannya kurang baik tentang kendalanya saat mengerjakan soal tersebut, mendiskusikan dengan guru PAI tentang solusi atas kendala siswa saat mengerjakan soal tersebut, membuat tutorial pengerjaan menggunakan rekaman layar hp, siswa mengerjakan ulang soal pada siklus II. Juga menunjukkan bahwa Game edukasi Wordwall mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpembelajaran daringen_US
dc.subjectcovid 19en_US
dc.subjectPrestasien_US
dc.subjectWordwallen_US
dc.titleUpaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Game Edukasi Wordwall Pada Siswa Kelas 8 Di Smp N 3 Tasikmaduen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record