Efektivitas Pemanfaatan Platform Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 8 Smp N 1 Pakem Mata Pelajaran Prakarya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan Pandemi Covid-19 sekarang ini
yang menuntut kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Pada
kondisi ini, guru tidak lagi dapat secara intens memberi motivasi kepada para
siswanya untuk giat belajar. Hal ini dikarenakan mereka tidak lagi berinteraksi
melalui tatap muka secara langsung. Untuk meningkatkan motivasi belajar para
siswanya, SMP N 1 Pakem memanfaatan platform Rumah Belajar sebagai media elearning.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menganalisis efektivitas pemanfaatan platform
Rumah Belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas 8 SMPN 1 Pakem mata
pelajaran Prakarya. 2. Menganalisis motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem
setelah menggunakan Rumah Belajar mata pelajaran Prakarya. 3. Menganalisis
efektivitas pemanfaatan platform Rumah Belajar terhadap peningkatan motivasi
belajar siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem mata pelajaran Prakarya. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas 8 SMP N 1 Pakem. Objek penelitian ini yaitu platform Rumah
Belajar (X) dan Motivasi Belajar (Y). Selain itu, penelitian ini menggunakan
proposional random sampling sebanyak 97 peserta didik dari jumlah populasi 129
peserta.didik. Sedangkan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan platform
Rumah Belajar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 1
Pakem menggunakan teknik regresi dan korelasi linier sederhana dengan bantuan
SPSS 22.
Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil kesimpulan
bahwa dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu adapun
koefisien diterminasinya (r
) sebesar 0,791, yang berarti variabel pemanfaatan
Rumah Belajar (X) memberi sumbangan atau kontribusi terhadap variabel motivasi
belajar siswa (Y) sebesar 79,1%. Maka H1 diterima dan H0 ditolak bahwa
efektivitas pemanfaatan platfrom Rumah Belajar dalam pembelajaran daring mata
pelajaran Prakarya berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar
siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem sebesar 79,1%.
2
Collections
- Islamic Education [863]