Show simple item record

dc.contributor.advisorKurniawan Dwi Saputra, Lc., M.Hum.
dc.contributor.authorRAHMI IRFANA
dc.date.accessioned2022-01-19T03:24:44Z
dc.date.available2022-01-19T03:24:44Z
dc.date.issued2021-08-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35866
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan Pandemi Covid-19 sekarang ini yang menuntut kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Pada kondisi ini, guru tidak lagi dapat secara intens memberi motivasi kepada para siswanya untuk giat belajar. Hal ini dikarenakan mereka tidak lagi berinteraksi melalui tatap muka secara langsung. Untuk meningkatkan motivasi belajar para siswanya, SMP N 1 Pakem memanfaatan platform Rumah Belajar sebagai media elearning. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menganalisis efektivitas pemanfaatan platform Rumah Belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas 8 SMPN 1 Pakem mata pelajaran Prakarya. 2. Menganalisis motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem setelah menggunakan Rumah Belajar mata pelajaran Prakarya. 3. Menganalisis efektivitas pemanfaatan platform Rumah Belajar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem mata pelajaran Prakarya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 8 SMP N 1 Pakem. Objek penelitian ini yaitu platform Rumah Belajar (X) dan Motivasi Belajar (Y). Selain itu, penelitian ini menggunakan proposional random sampling sebanyak 97 peserta didik dari jumlah populasi 129 peserta.didik. Sedangkan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan platform Rumah Belajar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem menggunakan teknik regresi dan korelasi linier sederhana dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu adapun koefisien diterminasinya (r ) sebesar 0,791, yang berarti variabel pemanfaatan Rumah Belajar (X) memberi sumbangan atau kontribusi terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y) sebesar 79,1%. Maka H1 diterima dan H0 ditolak bahwa efektivitas pemanfaatan platfrom Rumah Belajar dalam pembelajaran daring mata pelajaran Prakarya berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas 8 SMP N 1 Pakem sebesar 79,1%. 2en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPlatform Rumah Belajaren_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectMata Pelajaran Prakaryaen_US
dc.titleEfektivitas Pemanfaatan Platform Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 8 Smp N 1 Pakem Mata Pelajaran Prakaryaen_US
dc.Identifier.NIM17422083


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record