Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Peserta Didik Pada Pelajaran Pai Kelas Viii Di Smp Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021
Abstract
Pada dasarnya pendidikan merupakan proses transformasi ilmu dari seorang
guru kepada anak didik. Dalam bentuk ideal dilakukan melalui tatap muka secara
langsung. Namun dalam kondisi masa pandemi Covid-19 saat ini dimana pembelajaran
tidak dapat dilakukan secara tatap muka maka perlu adanya sebuah solusi supaya
proses transformasi ilmu tetap berlangsung. Pembahasan dalam skripsi ini menawarkan
sebuah solusi agar transformasi ilmu tetap berlangsung yakni dengan menggunakan
Google Site. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas
penerapan Google Sites sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi
peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunkana pendekatan kuantitatif
dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test design. Adapun
subjek dan objek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP
Ali Maksum Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu metode tes tulis, dengan teknik
pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest
dan
post-test.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa
terdapat Efektivitas penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran jarak jauh,
terlihat adanya perkembangan terhadap prestasi peserta didik pada pelajaran PAI kelas
VIII di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun pelajaran 2021. Hasil tersebut
dibuktikan dengan adanya kenaikan rata-rata nilai dari 72,59 menjadi 85,36 yaitu
sebesar 17,5% yang termasuk dalam kategori cukup efektif.
Collections
- Islamic Education [863]