Pemanfaatan Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Kampanye Literasi Pertanian Bagi Generasi Muda (Analisis Strategi Konten Kanal Bbq Mountain Boys)
Abstract
BBQ Mountain Boys merupakan kanal Youtube yang memanfaatkan media
sosial sebagai sarana kampanye dalam meningkatkan kesadaran masyarakat
mengenai pertanian di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan BBQ Mountain
Boys dalam memanfaatkan media sosial dalam melakukan kampanye tersebut serta
faktor pendukung dan faktor penghambat BBQ Mountain Boys dalam melakukan
kampanye tersebut.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif
menggunakan metode etnografi analisis isi. Data penelitian diperoleh dari hasil
wawancara, observasi dalam membuat konten, dan analisis dokumentasi konten
pada youtube BBQ Mountain Boys.
Hasil penelitian ini menunjukkan dalam melakukan kampanye BBQ
Mountain Boys menyampaikan literasi pertanian tidak secara terang-terangan atau
menjelaskan secara akademis. Melainkan mereka menyampaikan kampanye literasi
pertanian dengan penyampaian yang ringan dan dihubungkan dengan kenyataan di
kehidupan sehari-hari. Pesan yang BBQ Mountain Boys sampaikan dalam
berkampanye adalah pesan yang edukatif dan informatif serta video yang mereka
sajikan secara menarik. Adapun faktor penghambat BBQ Mountain Boys dalam
melakukan kampanye mengenai pertanian adalah sebagian besar kegiatan
kampanye yang dilakukan melalui media sosial serta masih minimnya minat anak
muda pada dunia pertanian.
Collections
- Communication [949]