Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Fakultas MIPA UII
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Fakultas MIPA UII Yogyakarat. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas layanan Sistem Informasi Akademik yang diberikan oleh pihak Fakultas MIPA
sesuai dengan harapan mahasiswa dan juga untuk mengetahui indikator-indikator yang perlu
diperhatikan oleh pihak Fakultas MIPA UII dalam meningkatkan kualitas layanan Sistem Informasi
Akademik pada mahasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan alat
ukur berupa kuesioner, analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, metode servqual
dan analisis jendela pelanggan dengan menggunakan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Office
Excell 2007. Berdasarkan 46 indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan Sistem
Informasi Akademik Fakultas MIPA, kualitas layanan tidak sesuai dengan harapan mahasiswa karena
keseluruhan indikator mempunyai gap negatif sehingga menimbulkan ketidakpuasan terhadap
mahasiswa dan memerlukan perbaikan total dan indikator yang perlu diperhatikan pihak Fakultas MIPA
UII dalam meningkatkan kualitas pelayanan; Akses cepat dalam memilih menu pada link-link yang
terdapat di unysis, Penayangan/pemunculan data akademis secara online melalui internet tepat waktu;
Petugas serius dalam melayani dan merespon dengan cepat (tanggap) atas keluhan mahasiswa,
memberikan informasi yang dibutuhkan, menyelesaikan permasalahan tentang akademik sesuai
dengan waktu yang dijanjikan, Petugas memiliki kredibilitas, mampu menjadi pendengar yang baik bagi
mahasiswa, sabar dalam memberi penjelasan mengenai setiap tahapan yang akan dilalui untuk
mengurus akademik, ramah dan sopan terhadap setiap orang yang datang, memahami kebutuhan dari
setiap mahasiswa dan memahami permasalahan yang dihadapi mahasiswa.
Kata kunci: Sistem Informasi Akademik Fakultas MIPA, Metode Servqual,
Analisis Jendela Pelanggan
Collections
- Statistics [904]