dc.description.abstract | Penyaluran informasi dan komunikasi berkembang sangat cepat dalam pengembangan teknologi. Pengembangan teknologi ini disediakan sebagai media untuk membuat penyaluran informasi dan komunikasi menjadi lebih mudah. Dengan peningkatan akses internet, penggunaan layanan internet sebagai tempat untuk menjual berbagai produk sekarang ini sedang menjadi sesuatu yang menjanjikan bagi para produsen di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh user interface quality, information quality, perceived security dan perceived privacy terhadap customer satisfaction dan customer trust dalam transaksi e-commerce di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh user interface quality, information quality, perceived security dan perceived privacy terhadap customer satisfaction dan customer trust dalam transaksi e-commerce di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang dibagikan kepada konsumen yang dalam hal ini adalah para mahasiswa FE UII yang sudah pernah melakukan transaksi e-commerce. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dimana sampelnya adalah para mahasiswa FE UII yang pernah melakukan transaksi e-commerce yang secara kebetulan ditemui peneliti di lingkungan FE UII.
Pengolahan data menggunakan prangkat lunak SPSS 17 dengan analisa deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisa regresi berganda. Metode analisis data dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana variable diukur dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak user interface quality, information quality, perceived security dan perceived privacy berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dalam transaksi e-commerce yang dialami para mahasiswa di FE UII, selanjutnya secara parsial user interface quality, information quality, perceived security dan perceived privacy maupun customer satisfaction masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust dalam transaksi e-commerce yang dialami para mahasiswa di FE UII. Perceived security mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap customer trust dalam transaksi e-commerce yang dialami para mahasiswa di FE UII. Pada koefisien deterrninasi (R2) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang diteliti rnampu menjelaskan 70,7% terhadap customer trust, sementara sisanya sebesar 29,3% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya diluar penelitian ini.
Kata kunci : User Interface Quality, Information Quality, Perceived Security, Perceived Privacy, Customer Satisfaction, Customer Trust | en_US |