dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Bengkel Mobil V Tronik di Bantul
Yogyakarta. Populasi yang diteliti adalah seluruh pelanggan yang pernah
menggunakan jasa di Bengkel Mobil V Tronik. Sedangkan sample yang digunakan
adalah sebanyak 96 responden. Dalam pengambilan sample, penelitian ini
menggunakan tekhnik judgement sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan
menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis
regresi berganda, analisis deskriptif, analisis koefisien determinasi, analisis
determinasi parsial. Pengujian hipotesis menggunakan Uji F dan Uji T dengan taraf
signifikansi 5%. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur dipilih
rumus product moment dan alpha croncbach. Dan selanjutnya untuk menguji hasil
penelitian menggunakan alat Bantu, yaitu program pengolah data SPSS version 17.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi tangibles, reliability,
responsiveness, assurance, emphaty secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen diterima. Sedangkan koefisen determinasi
ganda (R2) sebesar 0,466, hal ini berarti kelima variabel bebas tersebut mempunyai
konstribusi sebesar 46,6% terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel Mobil V
Tronik Sedangkan sisanya sebesar 53,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam model penelitian, berdasarkan rata - rata penilaian konsumen pada
variabel kualitas jasa menunjukkan dimensi reliability yang paling dominan dari ratarata
dimensi yaitu dengan rata - rata sebesar 2,71 (baik), dan penilaian pada variabel
kepuasan dengan rata – rata total sebesar 2,61 (puas).
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan. | en_US |