dc.description.abstract | Dalam kehidupan sehari-hari, antrian, queueing atau waiting line, sangat
sering dijumpai. Mengantri kadang memang harus dilakukan ketika sedang
menunggu giliran, misalnya untuk membeli karcis bioskop, membayar tol,
mengambil atau menyetor uang pada bank, dan lainnya. Antrian juga dapat terjadi
pada barang, misalnya antrian barang mentah yang akan diproses untuk dijadikan
suatu produk tertentu, komoditi ekspor yang akan dimuat ke kapal laut, ataupun
data yang akan diolah dipusat computer.
Dalam penelitian ini akan menganalisis system antrian pada Bank
Danamon cabang Kecamatan Cepogo, Boyolali, menganalisa apakah system
antrian yang digunakan saat ini sudah efektif?, dan menganalisa biaya fasilitas
pelayanan dan biaya tunggu pelayanan. Biaya fasilitas pelayanan adalah biaya
yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk fasilitas dalam system antrian sednagkan
biaya tunggu pelayanan adalah biaya yang harus ditanggung pelanggan (customer)
saat mengantri dalam system.
Kedua biaya tersebut secara signifikan akan berpengaruh pada biaya total
pelayanan, dan biaya total pelayanan diharapkan efektif dalam sebuah system
antrian sehingga biaya yang ditanggung oleh perusahaan dan pelanggan akan
efektif pula, dan biaya total pelayanan dikatakan efektif ketika system antrian
tidak terlalu padat atau efisien. | en_US |