Strategi Pemasaran PT. Takaful Indonesia Cabang Yogyakarta Tahun 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi
pemasaran PT. Takaful Indonesia Cabang Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualititatif. Deskriptif kualitatif dalah sebagai
prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau
lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Karena penelitian ini
menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat
sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana mestinya. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh adalah dengan melalui daftar pertanyaan yang diajukan atau interview yang
didapat dari nara sumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Takaful Agency Director.
Sedangkan data sekunder yang di dapatkan melalui internet, buku– buku, agenda,
internet dan tulisan ilmiah yang mempunyai relevansi guna mendukung analisis di dalam
penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan pada penelititan ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial
tentang strategi pemasaran PT. Takaful Indonesia Cabang Yogyakarta dalam
memasarkan produk-produknya kemudian diformulasikan dan dianalsis atau melakukan
pengukuran melalui teori-teori yang relevan dengan masalah yang diangkat. Hasil
penelitian tentang Strategi pemasaran yang di lakukan oleh PT. Takaful Indonesia
Cabang Yogyakarta adalah dengan menggunakan metode yang bertahap seperti:
segmentation (segmentasi), targetting (target pasar), positioning (penentuan posisi),
differentiation (diferensiasi), marketing mix (bauran promosi), selling (penjualan),
marketing value (nilai pemasaran), brand (merek), service (pelayanan). Dalam
pemasaran produknya, PT. Takaful Indonesia Cabang Yogyakarta menerapkan
menerapkan etika (akhlak) kepada marketernya seperti memiliki kepribadian spiritual
(takwa), berprilaku baik dan simpatik (shidiq), berlaku adil dalam bisnis (al-adl),
bersikap melayani dan rendah hati (khidmah), menepati janji dan tidak curang, jujur dan
terpercaya (al-amanah).
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, PT. Takaful Indonesia Cabang Yogyakarta,
Etika
Collections
- Islamic Economics [826]