Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social
responsibility terhadap nilai perusahaan, untuk mengetahui apakah profitabilitas
memperkuat hubungan positif antara corporate social responsibility dengan nilai
perusahaan, dan untuk mengetahui apakah kepemilikan manajemen memperkuat
hubungan positif antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 perusahaan manufaktur
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010. Pemilihan sampel dilakukan
dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi
berganda dengan variabel moderating yaitu Moderated Regression Analysis
(MRA).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa corporate
social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang
diukur menggunakan Tobin’s Q. Sedangkan profitabilitas mampu memperkuat
hubungan positif antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.
Kepemilikan manajemen tidak mampu memperkuat hubungan positif antara
corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.
Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen, Nilai Perusahaan
Collections
- Akuntansi [4407]