Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Trust Dan Pengaruh Trust Terhadap Loyalty Konsumen Online Shopping
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang
mempengaruhi kepercayaan (trust) pelanggan online shopping dan untuk
mengetahui pengaruh kepercayaan (trust) pelanggan tersebut terhadap
loyalitasnya (loyalty) dalam bertransaksi menggunakan layanan online shopping.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 121 orang yang pernah bertransaksi
menggunakan layanan online shopping. Data yang dikumpulkan dalam penelitian
ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan metode survey
melalui kuisioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik aksidental didasarkan pada kemudahan (convenience). Data
diolah dengan menggunakan software statistik PLS (Partial Least Square). Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa shared value, communication,
opportunistic behaviour control, reputation dan service quality berpengaruh
positif signifikan terhadap trust. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa trust
berperan sebagai faktor yang mempengaruhi loyalty para pengguna layanan online
shopping.
Kata Kunci : Online shopping, trust dan loyalty
Collections
- Akuntansi [4424]