Pola Belanja Online Mahasiswa Di Yogyakarta Pada Saat Pandemi Covid-19
Abstract
Belanja online merupakan suatu transaksi antar individu dalam sistem
perdagangan yang melibatkan pertukaran nilai melalui teknologi digital. Seiring
dengan perkembangan perangkat internet, belanja online yang awalnya dulu hanya
dilakukan di web browser, kini dapat dilakukan di berbagai media seperti halnya
pada aplikasi yang terinstal di perangkat kita. Tujuan dilakukannya penelitian ini
selain untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi pola belanja online, juga
untuk mempelajari penerimaan seseorang terhadap sistem belanja online karena
melihat adanya peluang yang cukup besar di masa depan terlebih sejak adanya
pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
pengambilan data secara online melalui Google Form yang disebar pada mahasiswa
perguruan tinggi terakreditasi A di Yogyakarta. Responden yang diperoleh
sebanyak 196 data yang telah memenuhi kriteria untuk diolah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, dan
orientasi penghematan harga berpengaruh positif terhadap pola belanja online pada
saat pandemi Covid-19, sedangkan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan
motivasi hedonis tidak berpengaruh terhadap pola belanja online pada saat pandemi
Covid-19.
Collections
- Akuntansi [4509]