Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)terhadap nilai perusahaan. (2) Pengaruh Corporate Governance (CG) yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, dan jumlah anggota komite audit terhadap nilai perusahaan. (3) Pengaruh Corporate Governance pada hubungan pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan variabel moderating yaitu Multiple Regression Analysis(MRA).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan torbin’s Q. Sedangkan CG berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan torbin’s Q . Serta CG mampu memperkuat hubungan positif antara CSR dengan nilai perusahaan.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Governance (CG), dan Nilai Perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4399]