Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Wisata Kelor Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta
Abstract
Peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dilaksanakan melalui program
pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
komunikasi pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan desa wisata di Desa Wisata
Kelor Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam komunikasi pemberdayaan masyarakat
melalui pelatihan desa wisata di Desa Wisata Kelor Kecamatan Turi Kabupaten
Sleman Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan studi dokumen. Metode analisis data yaitu deskriptif. Triangulasi data
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemberdayaan masyarakat
melalui pelatihan desa wisata di Desa Wisata Kelor Kecamatan Turi Kabupaten
Sleman Yogyakarta dilaksanakan oleh petugas pemberdayaan dari instansi dinas
terkait. Pesan pemberdayaan yang disampaikan adalah tentang susur sungai, kuliner
bagi ibu PKK, pemberdayaan tanaman salak. Target pemberdayaan adalah tidak hanya
warga masyarakat di Desa Wisata Kelor namun seluruh warga masyarakat yang
hendak mengikuti program pemberdayaan diperkenankan. Media penyampaian pesan
dalam selama pelaksanaan pemberdayaan adalah tatap muka langsung, media grup
WA, Zoom Meeting. Respon warga masyarakat menyambut baik program
pemberdayaan yang diberikan. Faktor pendukung yang ada adalah adanya dukungan
komunikasi dan kemudahan koordinasi dengan pihak terkait/instansi pemerintah
daerah untuk dapat memberikan pemberdayaan kepada masyarakat. Faktor
penghambat yang ada adalah mensikronkan jadwal penyampaian materi antara pihak
dinas dengan warga masyarakat. Selain itu juga masih ada warga masyarakat yang
belum sepenuhnya memahami materi pemberdayaan yang telah diberikan.
Collections
- Communication [949]