Pengelompokan Variabel Berdasarkan Persepsi Siswa Kelas XII SMA, MA, dan SMK Di Magetan Terhadap Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Korelasi Rank Spearman
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) dan
Madrasah Aliyah (MA) jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) baik Negeri maupun Swasta. Metode analisis yang
digunakan adalah Analisis Factor berdasarkan korelasi Rank Spearman untuk
mengetahui persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika. Responden terdiri
dari 2206 siswa yang tersebar di Magetan, Jawa Timur. Hasil yang diperoleh
bahwa factor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap pelajaran
matematika adalah Faktor Penilaian Siswa Terhadap Pelajaran Matematika,
Faktor Internal Siswa, Faktor Metode Belajar dan Orang Tua, Faktor Guru, Faktor
Aplikasi dan Manfaat Pelajaran Matematika.
Kata kunci : Siswa/i SMA/MA/SMK, Matematika, Analisis Faktor, Korelasi
Rank Spearman
Collections
- Statistics [904]