Analisis Deskriptif Orientasi Wirausaha, Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal Dan Kinerja Pemasaran (Studi kasus : Usaha Kecil Menengah Kerajinan Gerabah Yang Memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan di Kasongan Bantul Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Desa Kasongan Tirtonirmolo Kasihan Bantul
Yogyakarta yang merupakan sentral industri kerajinan gerabah yang memiliki
Surat Ijin Usaha Perdagangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran
orientasi wirausaha, faktor lingkungan baik internal maupun eksternal dan kinerja
pemasaran. Data yang digunakan adalah data primer yang berupa jawaban
pernyataan yang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara kepada pihak
wirausaha kerajinan gerabah. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh
kesimpulan bahwa kecenderungan industri untuk melakukan inovasi, berani
mengambil resiko, dan melihat peluang pasar yang berdampak pada peningkatan
kinerja pemasaran. Kinerja pemasaran akan semakin kuat jika berada di
lingkungan yang kompetitif.
Kata kunci : Kerajinan gerabah, Analisis deskriptif, Orientasi wirausaha,
Lingkungan eksternal, lingkungan internal dan Kinerja
pemasaran
Collections
- Statistics [900]