Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan Direktorat Perpustakaan UII
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasaan pengunjung terhadap
kualitas pelayanan Direktorat Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia
dan untuk mengetahui Indikator-indikator yang perlu diperhatikan dalam upaya
peningkatan kualitas pelayanan. Jenis data yang digunakan adalah data primer
dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner, analisis yang digunakan adalah
metode servqual dan analisis jendela pelanggan dengan menggunakan bantuan
software Minitab dan Microsoft Office Excell 2007. Maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa kuadran A menunjukkan indikator-indikator yang perlu diperhatikan
karena pengunjung tidak memperoleh apa yang diinginkan sehingga pelanggan
menjadi tidak puas. Adapun indikator-indikator yang terdapat pada kuadran A
yaitu Ketepatan waktu jam layanan Perpustakaan, Ketersediaan informasi di
perpustakaan dalam bahan pustaka yang tersedia dikomputer/anjungan sama
dengan call no yang berada dirak, Kelengkapan buku, koleksi CD-ROM, koleksi
skripsi, koleksi majalah, koleksi laporan penelitian, koleksi jurnal dan Respon
yang baik dalam menerima kritik dan saran.
Kata kunci: Direktorat Perpustakaan Pusat UII, Metode Servqual, Analisis Jendela
Pelanggan
Collections
- Statistics [900]