Pengaruh Self Efficacy Dan Readiness To Change Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pengaruh self efficacy dan readiness to
change terhadap kinerja yang dimediasi oleh motivasi berprestasi. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh self efficacy terhadap motivasi
berprestasi tenaga kependidikan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat,
dan Keperawatan (FKKMK) UGM; (2) Menganalisis pengaruh readiness to change
terhadap motivasi berprestasi tenaga kependidikan di FKKMK UGM; (3)
menganalisis pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja tenaga kependidikan
di FKKMK UGM; (4) menganalisis pengaruh self efficacy dan readiness to change
terhadap kinerja tenaga kependidikan di FKKMK UGM yang dimediasi motivasi
berprestasi.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena populasi
yang digunakan adalah karyawan tetap FKKMK UGM. Penelitian dilakukan
terhadap 58 responden. Alat uji yang digunakan adalah SPSS versi 25 dengan
metode Analisis Regresi Linear Berganda dan Analisis Jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara self
efficacy terhadap motivasi berprestasi; (2) terdapat pengaruh signifikan antara
readiness to change terhadap motivasi berprestasi; (3) terdapat pengaruh signifikan
antara motivasi berprestasi terhadap kinerja; (4) terdapat pengaruh antara self
efficacy dan readiness to change terhadap kinerja melalui motivasi berprestasi.
Collections
- Master of Management [408]