Analisis Strategi Komunikasi Masjid Kampus Dalam Meningkatkan Public Engagement
Abstract
Masjid merupakan tempat ibadah, namun seiring dengan perkembangan zaman masjid juga
menjadi pusat pembinaan bagi umat. Masjid-masjid yang aktif dalam melakukan kegiatan
pembinaan umat adalah masjid-masjid yang berada dalam lingkungan kampus atau universitas.
Hal ini mengakibatkan keterlibatan Jamaah menjadi salah satu indikator keberhasilan masjid
dalam melakukan pembinaan umat. Untuk dapat menarik minat Jamaah selain program yang
menarik juga dibutuhkan penyampaian informasi yang baik. Dalam penelitian ini penulis
melakukan kajian terhadap strategi-startegi komunikasi yang dilakukan masjid-masjid kampus di
Yogyakarta yaitu masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia, Masjid kampus Universitas
Gadjah Mada dan Masjid kampus UIN Sunan kalijaga.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian
dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam
penelitian ini antara lain Pengurus masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia, Masjid kampus
Universitas Gadjah Mada dan Masjid kampus UIN Sunan kalijaga.
Berdasarkan hasil penelitian, Masjid Kampus Ulil albab UII menggunakan sepuluh strategi
komunikasi dalam meningkatkan public engagement. Strategi tersebut antara lain adalah Membuat
Perencanaan Komunikasi, Lebih Aktif Menggunakan Instagram, Membuat Divisi SIMPRO
(System Informasi dan Produksi), Memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur), Membuat
konten Tips-Tips dan Motivasi Islami, Give away, Menggunakan Teknik Provokatif, Edukatif Dan
Informatif, Validitas Konten, Membuka Kotak Saran Online, Fasilitas Tim Media. Pada Masjid
Kampus UIN Sunan Kalijaga melakukan tujuh strategi dalam meningkat public engagement,
strategi tersebut adalah Menentukan Audiens, Merencanakan Konsep Postingan, Menggunakan
Media Sosial Yang Sesuai Target Audiens, Menggunakan Hashtag, Membuat Ucapan Bela
Sungkawa, Memposting Dokumentasi Kegiatan, Validitas Konten. Dimasjid kampus UGM juga
melakukan tujuh strategi komunikasi dalam meningkatkan public engagement yaitu Menggunakan
Instagram, Memilih Tim Khusus Untuk Memproduksi Konten, Memiliki SOP Dalam Mengelola
Media Sosial, Menetapkan Target Audiens ,Membuat Konten Yang Menarik, Strategi Promosi
Silang, Membuat Behind The Scene.
Collections
- Communication [949]