Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Wisata Syariah Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas dan manfaat yang dicari oleh
konsumen muslim terhadap wisata sharia di Indonesia. Populasi penelitian adalah
konsumen potensial wisatawan, sampel dilakukan dengan nonprobability sampling cara
convenience. Data dikumpulkan dengan survey lapangan dengan jumlah sampel 300
responden.. Analisis data menggunakan statistik dengan Program SPSS versi 21, untuk
menganalisis benefit segmentation dilakukan dengan pendekatan dendogram cluster dan
chi square test analysis. Benefit segmentation di kelompokkan menjadi 4 kategori, yaitu
fasilitas wisata sharia, wisata budaya, wisata alam dan wisata kuliner. Hasil penelitian
dapat menjelaskan atribut-atribut kategori wisata membentuk cluster atas dasar alasan
kedekatan manfaat yang dicari oleh konsumen. Wisatawan muslim mempunyai prioritas
utama terhadap wisata alam, dengan prioritas berikutnya wisata budaya, kuliner dan
fasilitas sharia. Ditinjau dari sudut gender dan pilihan empat kategori sharia tourism
tidak ada perbedaan, sedangkan ditinjau dari sudut usia dan penghasilan terhadap
pilihan 4 kategori sharia tourism di Indonesia ada perbedaan yang signifikan, dengan
porsi terbesar memilih wisata kuliner. Temuan hasil penelitian ini memiliki implikasi
bahwa cluster analysis sesuai untuk menjelaskan benefit segmentation, informasi
manfaat pengalaman yang dicari oleh wisatawan merupakan masukan bagi penyedia
destinasi wisata sharia untuk pasar sasaran wisatawan muslim.
Collections
- Master of Management [408]