Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Yogyakarta
Abstract
RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta merupakan rumah sakit umum yang
dikenal berfasilitas komplit, pelayanan berkualitas, menyediakan dokter-dokter
spesialis yang handal, dan cepat dalam penanganan pasien. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh citra rumah sakit dan kualitas layanan
terhadap kepuasan dan loyalitas pasien rawat jalan di RS PKU Muhamadiyah
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan mengambil populasi
dan sampel para pasien rawat jalan di RS PKU Muhamadiyah Yogyakarta.
Analisis data menggunakan metode deskriptif dan diolah secara statistic dengan
Structural Equation Modeling (SEM) dari program komputer AMOS v22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien; kepuasan pasien berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas pasien; citra rumah sakit berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien; namun citra rumah sakit tidak
berpengaruh terhadap kualitas layanan di RS PKU Muhamadiyah Yogyakarta.
Pengaruh terbesar terjadi pada pengaruh citra rumah sakit terhadap kepuasan
pasien dan pengaruh terkecil terjadi pada pengaruh citra rumah sakit terhadap
kualitas layanan.
Kata kunci: loyalitas pasien, kepuasan pasien, kualitas layanan, citra rumah
sakit
Collections
- Master of Management [408]