Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Radio Swaragama Fm Dalam Menarik Minat Pendengar Yogyakarta
Abstract
Tingkat persaingan stasiun radio di kota-kota besar dewasa ini cukup tinggi dalam hal
merebut perhatian audience. Bagi para lembaga stasiun penyiaran radio, untuk
mempertahankan eksistensinya di era media baru harus dapat beradaptasi dengan teknologi
modern dan saling bersaing dengan stasiun radio lainnya dalam menarik audience dengan
meluaskan jangkauan siaran radio yang dapat diakses secara dengan streaming online, live, dan
podcast. Hal tersebut mengharuskan perusahaan radio siaran menyusun strategi komunikasi
pemasaran terintegrasi yang tepat dan terperinci dalam mengembangkan usahanya untuk
memasarkan produk atau program program yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu Radio Swaragama FM
dalam menarik minat pendengar Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu Radio Swaragama FM dalam menarik
minat pendengar Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara
yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman
wawancara.
Hasil penelitian menemukan bahwa radio Swaragama FM dalam menarik pendengar
Yogyakarta yaitu dengan mengacu pada konsep strategi STP (Segmentasi pasar, target pasar,
dan positioning) dengan melakukan marketing mix dimana hal itu diklasifikasikan menjadi
kelompok yang luas yang disebut 4P dalam pemasaran yakni produk (product), harga (price),
tempat (place), dan promosi (promotion) serta menjalankan bauran promosi (promotion mix)
diantaranya (advertising) dengan melibatkan saluran radio Jogja Family 100.9 FM, radio PBS
104.8 FM kota Serang, melakukan periklanan di berbagai event, seminar, panggung hiburan,
sponsorship, serta melakukan aktivitas melalui beberapa website, (direct marketing) dengan
mengirim katalog program serta tarif iklan (rate card) kepada pemasang iklan atau calon
pemasang iklan melalui email atau media sosial seperti instagram dan whatsapp, (sales
promotion) dengan memberikan potongan harga, undian berhadiah, kontes, dan hadiah dari
kuis, (personal selling) dengan menjalankan proses Contact, Appointment, Proposal, dan
Order, (public relations) dengan menjalin kerjasama dengan beberapa media massa, melalui
branding STC & SPRO!, kampus-kampus di Yogyakarta, serta event-event off air di
Yogyakarta, serta (interactive marketing) dengan membangun saluran informasi dengan
memanfaatkan media internet seperti website swaragamafm.com, facebook, twitter dan
instagram.
Collections
- Communication [943]