Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan,
leverage, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap profitabilitas perusahaan.
populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015 teknik pengambilan sampel adalah
purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 39 perusahaan. Sumber
data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-20115 yang
dapat diperoleh melalui website www.idx.co.id. Metode analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif analisis regresi data panel. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh
positif signifikan terhadap profitabilitas, leverage memiliki pengaruh negatif
signifikan terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan likuiditas memiliki pengaruh positif
tidak signifikan terhadap profitabilitas.
Kata kunci : pertumbuhan penjualan, leverage, ukuran perusahaan, likuiditas,
profitabilitas
Collections
- Akuntansi [4399]