Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Terhadap Layanan Internet Service Provider
Abstract
Perkembangan teknologi telah merubah gaya hidup masyarakat di
berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali teknologi informasi yang telah
berkembang dan mampu memudahkan masyarakat dalam menunjang aktifitas
nya. Perusahaan Telekomunikasi hadir dan berlomba-lomba dalam membangun
infrastruktur guna dapat menjual jasa nya ke konsumen. Salah satu nya akses
internet, yang sekarang ini dapat dikatakan sebagai kebutuhan “primer” bagi
beberapa kelompok masyarakat tertentu dikarenakan kehadirannya sangat
memudahkan pekerjaannya. Kebutuhan akses internet juga sudah menjadi gaya
hidup tersendiri bagi masyarakat di kota Yogyakarta, sehigga kehadirannya tidak
dapat dipisahkan. Salah satu perusahaan provider telekomunikasi yang melayani
para pelanggan atau konsumen adalah PT Telkom dengan produk nya Indihome.
Penelitian ini akan membahas bagaimana perilaku konsumen masyarakat
di Yogyakarta terhadap layanan internet dari perusahaan provider. Di Yogyakarta
yang merupakan kota pelajar, dengan banyaknya para mahasiswa sangat
dipastikan membutuhkan koneksi internet untuk menunjang aktifitas mereka.
Ditambah lagi sektor bisnis di Yogyakarta yang banyak bermunculan seperti
restoran, kafe, dan pertokoan yang juga membutuhkan koneksi internet. Selain itu
juga segmen rumah tangga yang sekarang ini juga membutuhkan koneksi internet.
Secara detail, penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat
pembelian terhadap layanan Internet Service Provider di Yogyakarta dengan
konsumen produk Indihome dari PT Telkom sebagai objek penelitian. Dimana
variable independent yang mempengaruhi adalah product knowledge, service
quality, harga, brand image yang mempengaruhi sikap konsumen sebagai
variable dependent. Selanjutnya variabel intervening adalah sikap juga akan
dianalisis apakah ada pengaruh terhadap minat beli konsumen.
Dalam penelitian ini mengambil sampel penelitan konsumen atau
pelanggan Indihome di Yogyakarta dari berbagai kalangan, mulai dari para
karyawan, PNS, para wirausaha/wiraswasta serta mahasiswa. Teknik uji validitas
item dengan korelasi pearson pada penelitian ini menghasilkan bahwa r tabel pada
signifikansi 0.05 dengan uji 1 sisi dan N= 40, maka r tabel adalah 0.4026. Dari
output menghasilkan bahwa item pada variabel Product Knowledge, Service
quality, Harga, Brand Image, Sikap dan Minat beli memiliki nilai r hitung ≥ r
tabel sehingga dikatakan valid.
Kata kunci : product knowledge, service quality, harga, brand image, sikap
konsumen, minat beli konsumen
Collections
- Master of Management [408]