Pengaruh Strategi Marketing Flash Sale Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Online Ditinjau Dari Perilaku Konsumen Islami (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Uii Pengguna Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi marketing
flash sale terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja online ditinjau
dari perilaku konsumen islami. Metode penelitian menggunakan regresi
linear berganda yang bersumber dari data primer responden yang telah
dikumpulkan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yakni
convenience sampling yakni perolehan data dilakukan dengan cara
responden diberikan seperangkat pertanyaan atau biasa disebut kuesioner
yang kemudian diisi oleh responden yang memiliki kriteria yang
ditentukan oleh peneliti. Pengisian kuesioner telah diisi oleh sebanyak 100
mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia. Analisis data pada
penelitian ini adalah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan strategi marketing
terhadap perilaku konsumen dalam belanja online pada Flash Sale Shopee
maupun perilaku konsumen islami. Hal ini berarti menunjukkan semakin
baik strategi marketing pada produk, harga, promosi dan pelayanan maka
semakin meningkat perilaku konsumen islami dan pada akhirnya akan
meningkatkan perilaku konsumen berbelanja online.
Collections
- Islamic Economics [823]