Show simple item record

dc.contributor.advisorRaden Narayana Mahendra Prastya S. Sos., M.A.
dc.contributor.authorJuret Ridwan Kurniawan
dc.date.accessioned2021-09-27T10:43:52Z
dc.date.available2021-09-27T10:43:52Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32775
dc.description.abstractJuret Ridwan Kurniawan. 12321052. Pengelolaan Media Internal dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Internal (Karyawan) di PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta. Skripsi Sarjanan. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2016 Dalam suatu organisasi atau perusahaan tentu harus memiliki hubungan internal yang baik antar karyawan. Berkaitan dengan hubungan internal dan komunikasi internal tentu tidak ketinggalan dengan yang namanya media internal, media internal digunakan sebagai saluran komunikasi antara karyawan dengan perusahaan, Penelitian ini mengambil judul: Pengelolaan Media Internal dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Internal (Karyawan) di PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah "Bagaimana Pengelolaan Media Internal dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Internal (Karyawan) di PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta. Tujuan penelitian, yaitu, 1. Bagaimana pengelolaan media internal di PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI, 2. Media internal apa saja yang digunakan oleh PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI, 3. Mengetahui cara dan strategi yang digunakan Humas PT. Kereta Api DAOP VI terkait media internal. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumen yang bisa mendukung penelitian ini. kemudian melakukan analisis data yang sudah diperoleh dan dideskripsikan secara rinci pada bab pembahasan. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian, yaitu media internal yang digunakan di PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI ialah jurnal internal berupa tabloid KONTAK, media internet berupa Milis Broadcast, dan papan pengumuman. Pengelolaan media internal ada yang pengelolaannya terpusat yang dipegang oleh Humas Pusat di Bandung dan ada yang pengelolaannya dilakukan sendiri oleh Humas DAOP VI. Setelah itu alur komunikasi yang sering ditimbulkan dalam melakukan komunikasi internal dengan karyawan ialah komunikasi bersifat satu arah tanpa adanya umpan balik, dan arus komunikasi yang berasal dari atas ke bawah. Kurangnya menimbulkan komunikasi yang bersifat dua arah, karena jarang melakukan komunikasi lisan secara langsung dengan karyawan. Selain itu tidak adanya media khusus yang dapat mempermudah karyawan untuk menyampaikan kritik dan saran mereka, sehingga kurangnya pemanfaatan umpan balik dari karyawan yang bisa ditindak lanjuti untuk mengembangkan hubungan internal dengan karyawan dilingkungan perusahaan. Kata kunci: media internal, komunikasi internal, hubungan internal, pengelolaan mediaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmedia internalen_US
dc.subjectkomunikasi internalen_US
dc.subjecthubungan internalen_US
dc.subjectpengelolaan mediaen_US
dc.titlePengelolaan Media Internal dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Internal (Karyawan) di PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM12321052


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record