Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp N 2 Wonosobo
Abstract
SMP N 2 Wonosobo merupakan sekolah favorit di Kabupaten Wonosobo.
Selama ini belum pernah dilakukan evaluasi menyeluruh mengenai pembelajaran
PAI di SMP N 2 Wonosobo, hal ini ditunjukkan dengan wawancara dengan guru
agama di SMP N 2 Wonosobo. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat
menggambarkan bagaimana proses pembelajaran PAI di SMP N 2 Wonosobo
dengan melihat komponen-komponen dalam mendukung tujuan mata pelajaran
PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan metode survey.
Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process,
Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Desain dalam penelitian ini
menggunakan desain Mixed Method. Fokus dalam penelitian ini pada Program
Pembelajaran Pendidikan PAI di SMP N 2 Wonosobo. Subjek dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan peserta
didik. Dalam hal ini data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada guru
pendidikan agama islam dan angket penilaian guru yang diisi oleh kepala sekolah.
Sedangkan data sekunder diperoleh dari nilai mata pelajaran pendidikan agama
Islam peserta didik. Purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel dalam
penelitian ini, kriteria sample dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama
islam di SMP N 2 Wonosobo dan peserta didik yang diambil berdasarkan kelas
unggulan dan non unggulan yaitu 2 kelas yaitu kelas A (unggulan) dan kelas E (non
unggulan).
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran PAI di SMP
N 2 Wonosobo adalah baik walaupun banyak sekali kendala-kendala yang dialami
dalam penerapan kurikulum 2013. Kendala utama yang dialami oleh guru adalah
adanya pandemic corona yang membuat pembelajaran tidak bisa berjalan secara
tatap muka di sekolah, namun dengan pengalaman yang sudah didapat guru dapat
mengatasi kendala-kendala yang dialami di lapangan.
Collections
- Islamic Education [862]