Evaluasi Pelaksanaan Program Metode Qiraati Di Taman Pendidikan Al Quran (Tpq) Ta’ajusy Syarof Pemalang
Abstract
Metode Qiraati merupakan metode yang lebih menekankan pada
pendekatan ketrampilan membaca secara cepat dan tepat, baik pada makhorijul
hurufnya maupun bacaan tajwidnya. Dalam pelaksanaan program menggunakan
metode Qiraati, TPQ Ta’ajusy Syarof perlu adanya evaluasi sebagai pedoman
perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Qiraati, Qiraati
sebagai metode dalam membaca Al-Qur’an teryata belum pernah dilakukan
penelitian tentang evaluasi pelaksanaan program terhadap pembelajaran membaca
Al quran menggunakan metode ini, oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan program metode Qiraati
di TPQ Ta’ajusy Syarof Pemalang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Informan penelitiannya sendiri berjumlah 12: kepala madrasah, 8
guru dan 3 wali santri. Teknik penentuan informan menggunakan purposive
sampling dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan
membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pelaksanaan program metode
Qiraati secara umum sudah cukup baik namun masih perlu diperbaiki dalam
beberapa aspek agar bisa memberikan manfaat yang optimal dalam mengajarkan
Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid yang benar dan sesuai dengan tujuan
Qiraati.
Collections
- Islamic Education [862]