Rancangan Blue Ocean Strategy Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis Di Bidang Perbankan Syariah (Studi Kasus : Bank Syariah Indonesia Kc. Ambarukmo Yogyakarta)
Abstract
Dengan persaingan yang ketat dalam bidang perbankan ini maka bank harus
menyusun sebuah strategi yang tepat agar dapat bertahan untuk mengungguli
kompetitor. Tujuan penelitian ini menciptakan sebuah produk yang inovatif
dan untuk mengetahui serta menganalisis posisi perbankan Syariah dalam
menentukan strategi yang tepat untuk menarik minat calon nasabah. Metode
dari penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan bantuan field
research menggunakan survei terhadap nasabah Bank Syariah Indonesia KC
Ambarukmo. Data yang dihimpun digunakan untuk ERRC Grid atau
kerangka kerja 4 langkah untuk menghasilkan Blue Ocean Strategy. Setelah
menganalisis hasil survey menggunakan ERRC Grid dihasilkan sebuah
produk inovatif yang dinamakan MASPRO ditujukan kepada mahasiswa yang
kurang mampu dan berprestasi serta produktif. Produk inovatif ini
menggunakan Blue Ocean Strategy. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa produk MASPRO dapat membuat sebuah terobosan untuk
mengungguli kompetitor. Didukung dengan antusiasme nasabah selaku
responden terhadap produk inovatif.
Collections
- Islamic Economics [826]