Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Mts N 9 Sleman Yogyakarta
Abstract
Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran di dalam kelas
dapat diakses di rumah maupun di lingkungan sekitarnya. Komunikasi dua arah
pada program pembelajaran daring antara guru dengan siswa atau antara siswa
dengan siswa, dan guru dengan guru akan semakin baik karena semakin banyaknya
pilihan media komunikasi yang tersedia. Media komunikasi yang banyak
memungkinkan guru memberikan pembelajaran secara langsung melalui video
pembelajaran atau rekaman. Serta juga pada proses selanjutnya siswa dapat
memutar kembali video atau rekaman tersebut berulang kali sebagai materi
pembelajaran bila mana ada materi yang susah untuk dipahami
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan yang
dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan mempelajari masalah penelitian
berdasarkan fakta yang terjadi serta mempunyai hubungan erat dengan orang-orang
untuk memperoleh hasil penelitian Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan observasi, Koesioner dan dokumentasi dan analisis yang
digunakan yaitu regresi linier
Hasil penelitian yang di lakukan yaitu pengaruh yang signifikan antara
pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa. Nilai sig.(2-tailed) setiap
variabel X dan variabel Y adalah < 0,005. Dilihat dari nilai rhitung dan rtabel
didapat hasil bahwa nilai rhitung > rtabel. Nilai rtabel 0,361 Variabel X dan Y
memiliki nilai cronbach’s alpha > 0,06. Variabel X dengan nilai 0,890 Variabel Y
dan 0,839 sehingga dikatakan reliabel. Nilai R2 adalah 0,193 yang berarti bahwa
variabel independen (pembelajaran online) mampu menjelaskan variabel dependen
(prestasi belajar siswa) sebesar 19,3% dan selebihnya 80,7% ditentukan atau
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [914]