Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah
Menggunakan Internet Banking Di Yogyakarta” yang bertujuan untuk menguji
apakah faktor kemudahan penggunaan, manfaat, keamanan, privasi, kepercayaan,
dan kualitas informasi dapat berpengaruh terhadap minat nasabah untuk
menggunakan internet banking. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance
Model (TAM) sebagai dasar penelitian dan fokus pada variabel internal model TAM
yang dipakai untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan
penggunaan akan sistem informasi selain itu juga didukung oleh teori lainnya.
Penelitian ini mengambil sampel para nasabah yang pernah menggunakan
internet banking. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling aksidental,
dari seluruh kuisioer yang tersebar sejumlah 175 dapat kembali dan diolah
sebanyak 140 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS
versi 20.0.
Dari enam hipotesis yang diujikan pada peneitian ini, semua hipotesis
terbukti. Hipotesis ini terbukti dan mendukung teori technology acceptance model
(TAM) karena adopsi teknologi dipengaruhi oleh tujuan penggunaan yang
dipengaruhi oleh manfaat dan kemudahan penggunaan sistem.
Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Keamanan, Privasi,
Kepercayaan, Kualitas Informasi, Internet Banking
Collections
- Akuntansi [4466]