Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan ( Trust ) terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi pada pelanggan e-commerce di Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai adanya pengaruh Struktural Assurance, Perceived Reputation, Ability, Benevolence, Integrity dan Customer Satisfaction terhadap kepercayaan (trust) pelanggan e-commerce di Indonesia serta pengaruh kepercayaan (trust) terhadap partisipasi pelanggan e-commerce di Indonesia.
Permasalahan dari penelitian ini sendiri adalah apakah Struktural Assurance, Perceived Reputation, Ability, Benevolence, Integrity dan Customer Satisfaction mempengaruhi kepercayaan (trust) pelanggan e-commerce di Indonesia. Dan juga apakah kepercayaan (trust) mempengaruhi partisipasi pelanggan e-commerce di Indonesia ? Subjek penelitian ini adalah 146 konsumen pengguna internet di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner. Metode perhitungan data dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor Perceived Reputation, Ability, Benevolence, Integrity dan Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan (trust) pengguna e-commerce di Indonesia dan juga kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi pengguna e-commerce di Indonesia.
Kata kunci : Struktural Assurance, Perceived Reputation, Ability, Benevolence, Integrity, Customer Satisfaction, Trust, Participation, E-commerce
Collections
- Akuntansi [4399]