Hubungan Sikap Orang Tua terhadap Perkembangan Anak dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sardonoharjo I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap orang tua
terhadap perkembangan anak dengan prestasi belajar siswa SD Negeri
Sardonoharjo I, dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara sikap
orang tua terhadap perkembangan anak dengan prestasi belajar siswa SD Negeri
Sardonoharjo I.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kwantitatif di mana cara
pengumpulan datanya menggunakan metode angket dan metode dokumentasi.
Sedangkah teknik analisis yang peneliti gunakan adalah analisis statistik, yaitu
product moment, sebagai subyek penelitian ini adalah orang tua siswa SD
Sardonoharjo I, dengan mengambil sampel 30 orang tua siswa.
Hasil penelitian membuktikan bahwa sikap orang tua terhadap
perkembangan anak dalam hubungannya dengan prestasi belajar siswa di SD N
Sardonoharjo I. Korelasinya 0,827, jadi termasuk korelasi yang tinggi atau kuat,
dengan demikian semakin baik sikap orang tua terhadap perkembangan anak
maka semakin baik prestasi siswa.
Collections
- Islamic Education [862]