• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Education
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kadar Kompetensi Profesional Guru di MAN Maguwoharjo Depok

    Thumbnail
    View/Open
    04422003 Hesthi Prastiwi.pdf (3.502Mb)
    Date
    2008
    Author
    Hesthi Prastiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kompetensi profesionalisme yang dimiliki oleh setiap guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, karena antara peserta didik dan guru merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, artinya peserta didik bukan semata-mata dijadikan sebagai objek tetapi juga merupakan subjek. Kadar kompetensi profesionalisme guru di sini yang peneliti maksud adalah tingkat kemampuan guru bidang studi dalam mengelola kompetensi profesionalnya di MAN Maguwoharjo Depok Sleman yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah semua guru bidang studi yang ada di MAN Maguwoharjo. Karena populasi (keseluruhan objek penelitian) kurang dari 100, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana jumlah keseluruhan guru bidang studi di MAN Maguwoharjo berjumlah 30 orang dan ditetapkan sebagai responden penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengumpulkan data statistik yang kemudian diterjemahkan kedalam kalimat-kalimat setelah dilakukan pengujian dengan kuesioner dan observasi partisipasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif, yaitu analisis data dengan cara mendeskripsikan data dalam bentuk kalimat yang dihasilkan melalui rumus statistik yaitu dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru menguasai bahan pelajaran 93.4%, (1) kemampuan guru mengelola program pembelajaran 63.4%, (3) kemampuan guru mengelola kelas 63.3%, (4) kemampuan mengelola dan menggunakan media/sumber belajar 56.7%, (5) kemampuan menilai prestasi belajar mengajar siswa 63.4%, (6) memahami prinsip-prinsip penelitian untuk keperluan belajar 60%, (7) menguasai landasan pendidikan 60%, (8) kemampuan mengelola interaksi belajar mengajar 86.7%, (9) kemamapuan menyelenggarakan administrasi sekolah 60%, (10) mengenal fungsi dan program bimbingan konseling 63.4%. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa guru bidang studi yang ada di MAN Maguwoharjo sudah dapat dinyatakan memiliki kompetensi profesional dan sudah mampu mengelola kompetensi profesional yang dimiliki.
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32185
    Collections
    • Islamic Education [712]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV