Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Hujair A.H. Sanaky, MSI
dc.contributor.authorHesthi Prastiwi
dc.date.accessioned2021-09-03T07:46:20Z
dc.date.available2021-09-03T07:46:20Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32185
dc.description.abstractKompetensi profesionalisme yang dimiliki oleh setiap guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, karena antara peserta didik dan guru merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, artinya peserta didik bukan semata-mata dijadikan sebagai objek tetapi juga merupakan subjek. Kadar kompetensi profesionalisme guru di sini yang peneliti maksud adalah tingkat kemampuan guru bidang studi dalam mengelola kompetensi profesionalnya di MAN Maguwoharjo Depok Sleman yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah semua guru bidang studi yang ada di MAN Maguwoharjo. Karena populasi (keseluruhan objek penelitian) kurang dari 100, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana jumlah keseluruhan guru bidang studi di MAN Maguwoharjo berjumlah 30 orang dan ditetapkan sebagai responden penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengumpulkan data statistik yang kemudian diterjemahkan kedalam kalimat-kalimat setelah dilakukan pengujian dengan kuesioner dan observasi partisipasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif, yaitu analisis data dengan cara mendeskripsikan data dalam bentuk kalimat yang dihasilkan melalui rumus statistik yaitu dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru menguasai bahan pelajaran 93.4%, (1) kemampuan guru mengelola program pembelajaran 63.4%, (3) kemampuan guru mengelola kelas 63.3%, (4) kemampuan mengelola dan menggunakan media/sumber belajar 56.7%, (5) kemampuan menilai prestasi belajar mengajar siswa 63.4%, (6) memahami prinsip-prinsip penelitian untuk keperluan belajar 60%, (7) menguasai landasan pendidikan 60%, (8) kemampuan mengelola interaksi belajar mengajar 86.7%, (9) kemamapuan menyelenggarakan administrasi sekolah 60%, (10) mengenal fungsi dan program bimbingan konseling 63.4%. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa guru bidang studi yang ada di MAN Maguwoharjo sudah dapat dinyatakan memiliki kompetensi profesional dan sudah mampu mengelola kompetensi profesional yang dimiliki.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKadar Kompetensi Profesional Guruen_US
dc.subjectMAN Maguwoharjo Depoken_US
dc.titleKadar Kompetensi Profesional Guru di MAN Maguwoharjo Depoken_US
dc.Identifier.NIM04422003


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record